Alun Alun Kota Batu yang Sangat Unik

Alun Alun Kota Batu
Alun Alun Kota Batu

Alun-Alun Batu ini selalu ramai oleh pengunjung, seperti alun-alun kota pada umumnya. Apalagi bagi wisatawan dari luar kota, rasanya kurang jika tidak mampir ke alun-alun kota yang akan Anda kunjungi.

Namun berbeda dengan alun-alun kota lainnya, tempat ini sangat memberikan kesan kota wisata dari kota Batu. Awalnya alun-alun ini bernama Taman Tari Banyu dan merupakan taman biasa milik pemerintah Belanda.

Taman ini diubah menjadi alun-alun pada tahun 1942. Sejak tahun 2001, kota Batu telah dipisahkan dari Kabupaten Malang dan tamannya terus dipugar atau direnovasi menjadi seindah sekarang ini.

 

Kegiatan Menarik Alun Alun Batu

1. Bianglala

Alun Alun Batu

Ciri utamanya adalah adanya bianglala permanen yang juga berfungsi sebagai wahana di sini. Ukuran dari bianglala ini memang tidaklah kecil. Dari atas bianglala, Anda dapat dengan jelas melihat pemandangan kota Batu yang indah dan keren.

Bianglala ini bisa menampung 4 orang sekaligus dan mempunyai 17 kabin. Pihak pengelola menyediakan perlengkapan keselamatan seperti sabuk pengaman atau seatbelt.

Wahana lain seperti komidi putar juga tersedia untuk anak-anak. Dengan berbagai wahana tersebut, semua pengunjung yang datang bisa dengan berpuas hati berwisata dengan murah.

 

2. Taman bermain anak-anak

Selain wahana yang seru, tempat ini juga memiliki taman bermain khusus untuk anak-anak. Disini bisa bermain mulai dari perosotan, ayunan, jungkat-jungkit dan permainan lainnya.

Kawasan ini juga merupakan tempat yang nyaman dan aman untuk anak-anak. Sehingga orang tua dapat dengan tenang mengawasi anak-anak mereka saat bermain. Patung-patung dan miniatur di sekitar taman bermain juga menjadi tempat beristirahat ataupun yang ingin berfoto foto sambil menunggu anak anak selesai bermain.

 

3. Berfoto bersama Bangunan Buah  dan Cosplayer

Nah, Keistimewaan lain dari Alun Alun Batu ini adalah bangunan yang  berbentuk apel dan stroberi di kawasan taman. Bangunan ini akan beroperasi sebagai toilet dan pusat informasi bagi wisatawan yang ingin berkunjung.

Karena bentuknya yang unik, tidak jarang warga lokal dan pengunjung datang untuk berfoto di area tersebut. Banyaknya wisatawan yang ingin berfoto-foto, merupakan kesempatan peluang untuk cosplay.

Para cosplayer ini menarik perhatian pengunjung dengan berbagai jenis kostum. Mulai dari superhero, karakter kartun, bahkan kostum hantu. Wisatawan yang ingin berfoto dengan mereka cukup membayar dengan itikad baik ke tempat-tempat yang disediakan oleh masing-masing cosplay.

 

4. Sepeda dan mobil dekoratif

Pada malam hari, kendaraan seperti sepeda hias dan mobil hias menjadi pilihan yang pas untuk wisatawan berkeliling. Lampu di dalam mobil lebih terang dan gemerlap, berkat musik yang Anda dengar di setiap perjalanan.

Wahana ini dapat juga dapat digunakan di siang hari maupun sore hari. Meski begitu, wisatawan bisa menikmati Alun Alun Batu bersama keluarga tercinta dengan hati yang ceria.

Nah  untuk yang  Anda  dari luar malang dan ingin berlibur kesini, Tetapi bingung pesan sewa mobil dimana?, Tenang kami mempunyai sewa mobil paling terpercaya yaitu travel malang surabaya.

 

Wisata Kuliner di Alun Alun Batu

Alun Alun Batu juga merupakan tempat yang bagus untuk wisata kuliner. Ada banyak kios, restoran, dan kafe di sekitar alun-alun.

Anda bisa dengan mudah menemukan jajanan khas Indonesia seperti soto, sate dan bakso malang. Jika Anda ingin menikmati tidak hanya pemandangan tetapi juga makanan, restoran dan kafe di tepi alun-alun sangat cocok.

Tidak jauh juga, Anda akan menemukan Pasar Laron. Berbagai jajanan tradisional juga dijajakan di pasar ini. Selain itu, wisatawan dapat membeli oleh-oleh dan aksesoris yang diinginkan sebagai cinderamata kepada keluarga tercinta.

 

Harga Tiket Wahana Bermain

Nah untuk tiket masuk daripada Alun Alun ini tidak dipungut biaya atau gratis yah. Tetapi, untuk fasilitas wahana yang tersedia di Alun Alun Batu ini membutuhkan tarif operasional. Berikut rincian biayanya :

Bianglala

Komidi Putar

Parkir Mobil

Parkir Motor

Rp. 5.000,00

Rp. 5.000,00

Rp. 5.000,00

Rp. 2.000,00

Note : Harga yang tercantum di atas bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari pihak pengelola wisata itu sendiri. Tetapi list harga diatas juga bisa dijadikan patokan untuk pergi ke destinasi wisata yang satu ini.  

 

Lokasi dan Rute Alun Alun Batu

Nah untuk lokasi dan rute menuju Alun Alun Batu ini berada di Jl. Diponegoro, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Jalan ini merupakan akses utama menuju Malang dan pasti akan dilewati jika Anda mengunjungi Jatim Park 3 dari arah barat. Cara termudah untuk menuju ke alun-alun ini tentu saja menggunakan mobil pribadi. Atau bisa juga memanfaatkan jasa sopir travel malang surabaya murah. 

 

Jam Operasional

Nah untuk jam operasional daripada Alun Alun Batu ini dibuka untuk umum selama 24 jam setiap harinya dan  Anda bisa mengunjungi destinasi wisata ini kapan saja. Namun, beberapa Wahana hanya beroperasi pada waktu-waktu tertentu, tergantung kebijakan pihak pengelola wisata itu sendiri.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.