Tips Menentukan Tujuan Wisata dengan Cara Bijak

Tips Menentukan Tujuan Wisata – Merencanakan waktu untuk liburan menjadi pilihan yang pas, supaya kamu bisa lihat bagaimana budaya di sana yang berbeda, mencoba makanan khas, dan sebagainya. Tips menentukan tujuan wisata adalah hal yang penting dalam perencanaan liburan.

Menentukan tujuan wisata emang gak mudah ya, karena ada banyak hal yang harus menjadi pertimbangan. Misalnya apakah akan liburan ke kota lain atau ke negara lain, lalu tempat spesifik mana yang akan dipilih untuk berwisata.

Tips Menentukan Tujuan Wisata

Cara Bijak Dalam Menentukan Tujuan Wisaat Saat Liburan

Menentukan tujuan wisata juga harus disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki, karena keduanya saling berhubungan ya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti beberapa tips menentukan tujuan wisata alam atau modern seperti berikut ini:

  • Dimulai dengan Membuat Anggaran

Hal paling pertama yang bisa kamu lakukan dalam menentukan tujuan wisata liburan adalah dengan membuat anggaran terlebih dulu. Ketahui kira-kira berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan saat liburan.

Kalau anggaran yang kamu punya terlalu ketat, kamu harus lebih realistis mengenai penentuan lokasinya. Yaitu dengan menyesuaikannya dengan anggaran yang kamu punya supaya tidak over budget.

Jangan pernah coba-coba liburan dengan dana dari pinjaman atau bahkan dana utang. Cara itu bukan pilihan yang tepat dan hanya akan menambah beban keuanganmu di masa mendatang.

  • Tentukan Jenis Liburan Apa yang Kamu Mau

Tips yang bisa kamu lakukan untuk pilihan berikutnya adalah tentukan juga jenis liburan seperti apa yang kamu mau. Jenis liburan yang nanti dipilih akan memengaruhi biaya pengeluaran selama liburan.

Misalnya kamu ingin piknik di suasana perkotaan yang ramai, atau ke suatu pantai yang tenang dan tidak ramai, bisa juga ke atraksi wisata yang lainnya. Kamu harus bisa menentukan jenis liburannya terlebih dulu.

  • Mempertimbangkan dengan Siapa Kamu akan Liburan

Kalau kamu hanya berlibur sendiri saja maka hal ini gak harus menjadi pertimbangan. Tapi kalau kamu berlibur dengan keluarga atau dengan teman maka hal ini harus menjadi pertimbangan, karena pendapat yang lain juga harus menjadi pilihan.

Penentuan tujuan wisata saat liburan dengan teman dan keluarga mungkin akan menjadi sedikit sulit, karena karena kemungkinan keluarga/teman punya pendapat dan keinginan yang tidak sama dengan kamu.

Salah satu cara tepat untuk menentukan hal ini adalah, dengan melibatkan semua pihak yang akan ikut liburan dalam mengambil sebuah keputusan.

  • Sesuaikan Tujuan dengan Waktu Liburan

Tips menentukan tujuan wisata lainnya adalah dengan menyesuaikan tujuan wisata dengan waktu liburan yang dipilih. Waktu liburan kamu tentu bisa beragam, bisa sebentar bisa juga lebih lama.

Kalau kamu memilih tujuan wisata yang jauh dengan waktu liburan yang tidak lama, tentu kamu akan lebih capek dan lelah karena gak punya waktu untuk bersantai. Maka, kamu bisa memilih tujuan wisata yang dekat kalau waktu liburan kamu gak lama.

Tapi kalau waktu liburan yang kamu punya lebih lama, barulah kamu bisa menentukan tujuan wisata ke tempat yang lebih jauh misalnya ke luar kota atau luar negeri.

  • Sesuaikan Liburan dengan Acara Khusus

Biasanya di beberapa tempat pada suatu negara ada sebuah acara khusus yang hanya bisa dilihat di waktu atau momen tertentu saja. Contohnya perayaan karnaval atau perayaan festival yang diselenggarakan di Rio de Janeiro.

Hal yang harus kamu perhatikan dalam acara tersebut adalah, biasanya akan ada banyak orang yang datang ke acara tersebut dan biaya perjalanan kamu bisa menjadi lebih mahal. Kalau sesuai dengan budget sih gak masalah, tapi kalau gak sesuai budget mending gak usah.

  • Teliti Waktu yang Tepat untuk Liburan

Meneliti waktu yang tepat untuk menentukan liburan adalah hal yang penting misalnya penentuan cuacanya di waktu liburan, menjadi hal yang sangat penting.

Kalau kamu ingin liburan sambil melihat salju maka datang saja ke Negara Eropa saat musim dingin, dan jangan liburan ke sana waktu sedang musim panas. Kalau kamu ingin liburan ke luar negeri dengan biaya terjangkau, jangan liburan di saat peak season ya.

  • Persiapkan Anggaran dan Sesuaikan dengan Rencana Awal

Kamu tidak akan bisa liburan jika tidak punya uang, untuk itu persiapkan juga dana/biayanya dari jauh-jauh hari. Waktu yang ideal dalam mempersiapkan dana untuk liburan adalah sekitar 6 bulan sebelumnya atau 1 tahun sebelum hari H.

Pada tahap ini kamu juga sudah harus menyesuaikan target biaya yang akan dikeluarkan dengan lamanya waktu liburan. Kalau sekiranya biayanya terlalu besar cobalah untuk mengurangi pengeluaran yang sifatnya gak krusial, supaya beban tabungan berkurang.

  • Cari Informasi Lokasi Wisata

Tips menentukan tujuan wisata terdekat atau terjauh yang berikutnya adalah, dengan mencari tahu mengenai informasi tujuan wisata tersebut. Bagaimana cuaca di tempat tujuan, akomodasi yang ada, dan jenis wisata apa yang ditawarkan di sana.

Sehingga kamu bisa memilih lokasi wisata yang sesuai, dan selama liburan di sana kamu akan merasa aman dan nyaman.

  • Rencanakan Kegiatan Apa Saja yang akan Dilakukan di Lokasi Wisata

Setelah menentukan lokasi wisata mana yang akan dikunjungi, kamu juga bisa merencanakan kegiatan apa saja yang akan dilakukan di sana.

Misalnya kamu ingin mendapat pengalaman berbeda, kamu bisa melakukan aktifitas dengan menikmati pemandangan yang ada di hutan. Tentu lokasi wisatanya sudah ada hutan dan pemandangannya bukan, hal ini harus saling berkaitan.

Cara menikmati pemandangan di sana bisa dilakukan dengan cara apa saja misalnya ambil foto dengan kamera khusus, melihat-lihat pemandangan dan area hutan, atau bahkan melukis pemandangan yang ada di sana.

Aktifitas dan kegiatan ini sederhana tapi akan memberi gambaran yang pas, untuk penentuan lokasi wisata yang akan dituju.

  • Pilih Destinasi Wisata yang Tak Banyak Dikunjungi Wisatawan

Jenis liburan yang akan kamu pilih nantinya tentu akan memengaruhi besar/kecilnya biaya yang nanti akan dikeluarkan. Kalau kamu memilih tempat-tempat yang ramai tentu biaya yang dikeluarkan akan lebih besar.

Tapi kalau kamu memilih tujuan wisata yang tenang dan cenderung sepi maka suasana dan pemandangan bagus yang dilihat di sana, bisa kamu abadikan karena tempatnya tidak terlalu ramai.

  • Pilih Destinasi Wisata yang Sama dengan Teman Kalau Liburan dengan Teman

Kalau kamu memutuskan untuk liburan dengan teman-teman, pastikan destinasi wisata yang akan dikunjungi juga disukai oleh teman-temanmu. Sebaiknya kamu gak ambil keputusan secara sepihak saja ya, biar semuanya nyaman saat liburan.

Untuk kenyamanan bersama, penentuan lokasi wisatanya memang menjadi hal yang utama jika kamu akan traveling dengan teman-teman.

Tips menentukan tujuan wisata lainnya bisa dengan menggunakan jasa travel terbaik seperti misalnya Nahwa Tour, karena di sana sudah ada beberapa tujuan wisata yang menarik.

Kamu juga bisa memilih beberapa paket wisata yang harganya terjangkau seperti misalnya Tour Bromo, Paket Wisata Malang, Open Trip Bromo, dan masih banyak lagi paket wisata lengkap yang lainnya.

5/5 - (1 vote)
Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.