Wisata Masjid Tiban Malang

Masjid Tiban Malang tiba-tiba muncul tanpa disadari oleh warga sekitar dan membuat heboh Kota Malang. Banyak yang percaya bahwa masjid ini dibangun oleh Jin,karena hanya dalam waktu satu malam karena kemegahan dan keunikan arsitektur masjidnya.

Sejak saat itu, Masjid Tiban menjadi salah satu dari sekian banyak tempat wisata misterius  di Malang. Masih banyak hal menarik lainnya tentang Masjid Tiban, terutama nilai arsitektur dan religinya.

masjid tiban malang

Fakta-fakta Menarik Masjid Tiban Malang

Dibalik kehadiran Masjid yang tiba-tiba ada, beberapa fakta menarik yang bisa Anda temukan disana diantaranya :

1. Asal-Usul Masjid Tiban Malang

Rumor yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa Masjid Tiban ini  dibangun dalam waktu singkat dengan bantuan Jin, namun tidak demikian. Masjid ini adalah Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah dan memiliki pengasuh KH. Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh

Namun, dengan munculnya bangunan masjid secara tiba-tiba, orang-orang lebih mengetahui gubuk yang diberi nama Masjid Tiban ini. Tiban sendiri dalam bahasa Jawa “tiba-tiba” berarti cukup untuk menjelaskan kekaguman dari masyarakat sekitar.Pembangunan pondok pesantren ini sudah berlangsung cukup lama, dan tidak serta merta muncul begitu saja seiring dengan tersebarnya rumor yang beredar. Peletakan batu pertama pembangunan dimulai pada tahun 1978 setelah KH. Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh bermain istikhara pada tahun 1968.

Ia memilih kawasan Turen sebagai lokasi pembangunan pondok pesantren yang kemudian dikenal dengan Masjid Tiban. Pembangunan sedang dalam proses penyelesaian, karena banyak daerah yang belum selesai dibangun hingga saat ini.

Read More : Serunya Berwisata di Hawai Waterpark

2. Dibangun Tanpa Arsitektur

masjid tiban malang

Masjid Tiban dibangun di atas lahan seluas 4 hektar, namun hanya sekitar 1,5 hektar yang dijadikan sebagai area utama. Fakta uniknya, bangunan 10 lantai ini dibangun tanpa bantuan arsitektur profesional.

Proses pembangunan gedung ini murni karya mahasiswa dan Romo Kyai, dengan sapaan akrab KH. Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Saat itu, sebanyak 69 santri memulai proses pembangunan masjid megah ini.

Jadi keliru jika mengira masjid ini dibangun oleh Jin dalam waktu singkat. Butuh waktu lama dan dedikasi penuh untuk bisa membangun semegah ini yaitu masjid Tiban ini. Selain itu, semua desain di dalam bangunan dan tidak termasuk intervensi arsitektur. Semua itu merupakan hasil dari petunjuk yang diberikan oleh Romo Kyai saat mendoakan Istikharah.

3.Keragaman Berbagai Budaya

Masjid Tiban Malang

Bagian depan Masjid Tiban dihiasi dengan berbagai ornamen dan kaligrafi yang terbuat dari gerabah atau keramik  berwarna biru putih. Warnanya sangat mengesankan dan membuatnya lebih mirip Guci Cina yang unik. Interior yang indah dan tembikar warna-warni dan kaligrafi terlihat seperti bangunan masjid Timur Tengah. Beberapa area masjid juga terlihat dihiasi dengan pahatan semen yang seolah-olah berada di dalam gua.

Saat Anda menjelajahi Masjid Tiban, bersiaplah Anda  untuk takjub dengan gaya arsitektur bangunan ini. Ribuan keping keramik yang memadukan gaya arsitektur Arab, Eropa, Cina, dan India menghiasi setiap sudut Masjid ini. Setiap ruangan di pondok pesantren memiliki desain yang berbeda-beda, namun tetap serasi satu sama lain. Masing-masing ruangan ini juga memiliki fungsi dan filosofi dengan proses konstruksinya masing-masing.

4. Spot Menarik Untuk Berfoto

masjid
Wisatawan sedang berfoto

Mungkin Anda yang sering berwisata dan hobinya foto atau  mendokumentasikan apa saja yang unik di tempat wisata tersebut,nah cocok nih buat Anda karena dengan Arsitektur  yang unik menjadikannya tempat berfoto yang keren dan unik. Setiap sudut adalah spot fotonya  yang sangat Instagramable banget  berkat gaya arsitekturnya yang berbeda-beda.

Anda bisa memotret nuansa bangunan di Eropa, India, China, dan Arab di satu tempat. Wisatawan kerap memilih berfoto di area balkon yang menyuguhkan pemandangan indah.

Puncak menara kecil masjid terlihat mempesona dengan panorama desa dari ketinggian. Anda juga dapat menikmati pemandangan yang mempesona dan indah dari koridor di dalam masjid.

Bahkan, Anda bisa berfoto cantik hanya dengan berfoto di salah satu sisi dinding. Tak hanya pengunjung yang penasaran, tapi juga yang ingin berfoto, tak heran jika selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan dari mancanegara.

Harga Tiket Masuk Masjid Tiban Malang

Nah untuk mengunjungi Masjid ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk atau artinya gratis.tetapi banyak juga wisatawan yang masuk mengganti biaya masuk dengan berinfaq untuk masjid maupun pesantrenya.

Tiket Masuk

Parkir Motor

Parkir Mobil

Gratis

Rp.2.000,00

Rp.5.000,00

Nah  jika Anda  dari luar malang dan ingin berlibur bersama keluarga ke Masjid  ini, tetapi bingung pesan sewa mobil dimana?,tenang kami punya solusinya. kami mempunyai sewa mobil paling terpercaya yaitu travel malang surabaya terdekat.

Lokasi dan Rute

Terletak di lingkungan Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Alamatnya di Jl. KH. Wachid Hasyim Jl. Anggur No.17, Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang.Jaraknya sekitar 28 km, waktu tempuh sekitar 1 jam, dan kondisi jalan bagus. Anda bisa menggunakan petunjuk arah dari Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik.

Anda juga bisa mendapatkan bantuan dari sopir travel malang surabaya murah atau agen perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung lagi  mengingat jalan mana yang harus ditempuh untuk menuju Masjid Tiban Malang.

baca juga ; travel surabaya malang

Jam Operasional Masjid Tiban Malang

Buka 24 jam sehari bagi yang ingin berkunjung. Oleh karena itu, Anda bebas memilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini. Namun, wisatawan biasanya datang sekitar pukul 08.00 atau 13.05. Matahari tidak terlalu terik saat itu, sehingga sangat cocok bagi siapa saja yang ingin berfoto atau menjelajahi masjid. Namun, karena ini adalah area pesantren, pastikan untuk mengenakan pakaian sopan dan tertutup aurat saat  Anda berkunjung ke destinasi wisata ini.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.