Berwisata Seru di Alun – Alun Kota Malang

Hallo Guys Apa Kabar nih kalian semua? mimin harap kalian baik baik yah,Oh Iya Pada kesempatan kali ini mimin mau sedikit memberikan informasi mengenai beberapa destinasi wisata yang dapat kalian kunjungi ketika kalian berada di Malang Jawa Timur,Yups Benar Sekali Yang akan mimin Bahas Kali ini yakni mengenai Alun – Alun Kota Malang..

Alun Alun Kota Malang
Alun Alun Kota Malang

Alun-Alun Malang tentunya sudah sangat dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia terutama masyarakat Malang sendiri. Berkunjung ke Kota Malang sangat disayangkan jika tidak mampir ke alun-alun. Alun-Alun Malang menawarkan banyak hal menarik untuk dilakukan dan tempat inilah yang biasanya menjadi titik awal perjalanan seru Kalian mengunjungi berbagai tempat wisata di Malang

 Kalian bisa mengunjungi Alun-Alun Malang dengan Paket Wisata Malang dari biro perjalanan. Tapi sebelumnya mari kita lihat dulu beberapa hal menarik yang bisa kamu temukan di Alun-Alun Malang berikut ini

Alun-Alun Malang

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa kota Malang memiliki dua alun-alun, yaitu Alun-alun Merdeka dan Alun-Alun Bunder. Kedua alun-alun ini terhubung satu sama lain dan memiliki sejarah panjang sejak zaman kolonial Belanda.

Alun-Alun Merdeka

Alun-Alun Merdeka adalah Alun-alun Malang pertama yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1882. Sejak dibangun oleh Belanda, konsep Alun-alun Merdeka sangat berbeda dengan konsep alun-alun di Jawa pada umumnya.

Alun-Alun Jawa biasanya berada tepat di depan balai kabupaten atau keraton dengan area yang luas dan pepohonan yang tinggi. Namun Lapangan Merdeka ini jauh dari Pendopos dan menghadap ke selatan, meskipun daerah sekitarnya juga merupakan pusat pemerintahan.

 Berbentuk persegi panjang, alun-alun ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan yang mendukung pemerintahan Belanda dan dianggap sebagai simbol kekuasaan Belanda. Untungnya, upaya Belanda gagal ketika keluarga Malang mematahkan simbol kekuasaan mereka.

Penduduk sering menggunakan taman, yang akan menjadi milik eksklusif pemerintah Belanda, untuk kegiatan sehari-hari. Bahkan selalu ada pedagang yang menjajakan makanan setiap malam dan alun-alun penuh dengan penduduk setempat.

Ketika Belanda melihat ini, mereka membiarkan Merdeka Plein menjadi taman biasa bagi penduduk asli dan membangun alun-alun baru. Untuk mengembalikan kekuatan kekuasaan di mata masyarakat.

Alun-Alun Bundar

Alun Alun Bundar
Alun Alun Bundar

Pembangunan Alun-Alun Bundar dimulai pada tahun 1917 dan selesai pada tahun 1922 dengan nama asli JP Coen Square. Belajar dari pengalaman sebelumnya, struktur pengikat tawas mulai sesuai dengan standar tawas Jawa, meski tetap bergaya Eropa.

Pusat pemerintahan Kota Malang yang kemudian menjadi kotamadya mendekati alun-alun dan bergerak ke utara. Pemandangan pegunungan di sekitar Malang seperti Gunung Arjuno, Semeru dan Gunung Kawi juga terlihat jelas dari bundaran.

Disebut tawas bunun karena bentuk tawas ini menyerupai cincin. Pada tahun 1946, Presiden Soekarno membuka monumen di tengah Lapangan Bunder. Karena itulah Alun-alun Bundar disebut juga Alun-Alun Tugu. Akibat kejadian ini, Kota Malang memiliki dua alun-alun yang biasa digunakan hingga saat ini.

Tempat Wisata di Alun-Alun Malang

Alun Alun Kota Malang
Alun Alun Kota Malang

Orang-orang lebih mengenal Alun-Alun Merdeka daripada Alun-Alun Malang, apalagi setelah tahun 2014 tempat ini dibangkitkan kembali. Semakin banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Alun-Alun Malang seperti di bawah ini:

Bersantai di bawah pohon

Setelah renovasi total, Alun-Alun Malang ditutupi dengan pohon-pohon tinggi yang meranggas. Alun-alun ini dimaksudkan untuk menjadi bagian dari ruang terbuka hijau di ibu kota.

Di bawah pohon-pohon ini, penduduk setempat cenderung duduk dan menikmati suasana kota Malang yang sejuk dan nyaman. Mereka juga jarang piknik bersama keluarga di Alun-Alun Malang.

Ada juga kursi berlengan, paviliun mini, dan kursi berlengan di mana Kalian bisa duduk dan bersantai. Berbagai fasilitas seperti Wi-Fi gratis, ruang menyusui dan toilet membuat banyak tamu merasa nyaman di Malang Square.

Bermain dengan anak-anak

Alun-Alun Malang juga sangat nyaman sebagai tujuan wisata keluarga, berkat fasilitas yang dimilikinya. Disini Kalian akan menemukan banyak tamasya yang bisa dimainkan anak-anak sampai mereka senang.

Mainan dasar seperti ayunan, gergaji dan perosotan disediakan dan dirawat dengan baik. Anak Kalian bisa bermain aman dengan teman-temannya di game ini.

Lokasi taman bermain ini sedikit di bawah pohon besar berwarna putih yang rindang agar tidak kepanasan. Berkunjung ke Alun-Alun Malang  bersama keluarga bisa menjadi solusi yang tepat untuk memanfaatkan waktu luang Kalian dengan sebaik-baiknya.

Berolahraga

Fasilitas lain yang juga tersedia di Alun-Alun Malang adalah fasilitas olahraga. Dengan fasilitas yang tersedia Kalian bisa berlatih dengan bebas di sekitar alun-alun.

Banyak pengunjung yang sering datang pada pagi atau sore hari untuk berlarian di sekitar alun-alun. Jalur lari yang diberikan menjadi jalur lari yang indah karena berada di bawah naungan pohon.

Kalian juga bisa bersepeda di jalur sepeda yang tersedia tanpa khawatir mengganggu pengunjung lain. Selain menghilangkan penat, olahraga di Alun-Alun Malang juga bisa menyehatkan tubuh.

Berfoto di tempat-tempat menarik

Alun-Alun Malang memiliki banyak tempat menarik untuk dipilih sebagai tempat pemotretan yang indah. Misalnya, air mancur lebih indah di malam hari dengan lampu warna-warni.

Dari halaman jet ini, Kalian akan memiliki pemandangan Masjid Jami’ Malang yang sangat jelas. Objek fotografi yang menarik di siang hari juga bisa berupa burung merpati yang berkeliaran bebas di alun-alun.

Tempat yang tidak boleh bingung, tentu saja, tidak boleh menulis Alun-Alun Malang di taman. Kalian juga bisa menemukan artikel lainnya seperti I Love Ngalam yang bisa menjadi tanda bahwa Kalian telah mengunjungi Apple City.

Street Food Di Alun-Alun Malang

Berkunjung ke Alun-Alun Malang tak hanya bisa memanjakan mata tapi juga perut. Ada banyak makanan khas Malang yang bisa dicoba para pedagang di seluruh nusantara.

Sebut saja pentol, baik Malang maupun jajanan, siap menemani Kalian duduk-duduk di alun-alun dan bersantai. Harga makanan dan minuman di sini juga sangat murah dan ekonomis sehingga tidak merogoh kocek.

Jika Kalian ingin makan yang lebih kuat, ada restoran, tempat makan, dan pusat perbelanjaan di kawasan alun-alun Malang yang bisa Kalian kunjungi. Liburan di Malang Square bisa menjadi salah satu liburan terbaik yang pernah Kalian miliki.

Mengelilingi Alun-Alun Bundar

Meski tidak seterkenal dengan alun-alun merdeka, tak ada salahnya mengunjungi alun-alun bunder. Bundaran ini sudah menjadi salah satu simbol kota Malang dengan tugu hitam berhiaskan emas di tengahnya.

Monumen ini semakin indah karena dikelilingi oleh besi lotere yang tampaknya sedang mekar. Taman di sekitar alun-alun juga ditumbuhi bunga-bunga indah dengan berbagai warna dan variasi.

Kalian juga bisa melihat langsung gedung balai kota Malang yang bisa menjadi background foto yang menarik. Belum lengkap jika Kalian belum mengunjungi dua alun-alun kota Malang.

Harga Tiket di Alun-Alun Malang

Kalian tidak perlu membayar sepeserpun untuk masuk ke Malang Square. Kalian hanya perlu membayar parkir atau makanan yang ingin Kalian makan dan biayanya sangat murah sebagai berikut:

  •         Tiket masuk FREE
  •         Parkir motor RP. 2.000
  •         Parkir mobil RP. 5.000

Jam Operasional Alun-Alun Kota Malang

Sebagai ruang publik terbuka, Alun-Alun Malang Kalian bisa menikmati kapanpun Kalian mau. Tempat ini buka 24 jam tetapi selalu ada waktu terbaik untuk dikunjungi.

Di pagi hari, saat matahari belum terlalu tinggi dan udara masih sangat segar. Kalian bisa berolahraga atau beraktivitas sehat dengan tenang tanpa khawatir polusi udara dari sepeda motor yang saat itu masih sepi.

Kalian bisa datang pada pada sore hari hingga tengah malam. Selama waktu ini, menyenangkan untuk bermain di alun-alun dengan banyak merpati.

Dilanjutkan hingga malam hari saat suasana romantis pencahayaan taman semakin asri. Namun yang paling penting untuk diingat adalah datang pada saat musim kemarau agar tidak menderita akibat hujan yang turun.

oke guys mungkin itu sedikit informasi yang dapat mimin berikan kepada kalian, mimin harap dapat bermanfaat buat menambah sedikit wawasan kalian, ohiya guys untuk kalian yang tidak mau ribet ketika sedang ingin berlibur, mimin saranin untuk menggunakan jasa travel yang ada di malang dengan tujuan agar mempermudah kalian guys.

Mimin punya kok Travel Yang sudah terbukti kualitasnya, mau tau gak? yaudah mimin kasih tau nih,jadi travel yang mimin maksud itu Travel Surabaya Malang Murah

mereka merupakan teman perjalanan yang pas untuk kalian ketika ingin berlibur dan tidak mau ribet hehe. oh iya mereka tak hanya menyediakan paket wisata, tetapi  mereka juga menyediakan antar jemput bandara juga, kalo kalian mau datang langsung ke kantornya juga boleh,alamatnya di jalan angklung nomor 5, atau cari aja di google guys Travel Surabaya Malang 24 jam , mereka sudah sangat berpengalaman dalam membawa wisatawan yang berkunjung ke malang jawa timur dan daerah surabaya juga jadi tunggu apa lagi guys

Alun-alun kota malang di malam hari

alun Kota Malang sekarang mempunyai wajah gres Wajah Baru Alun-alun Kota Malang
Alun-alun Kota Malang sekarang mempunyai wajah baru, sesudah sekian bulan direvitalisasi. Perubahannya cukup signifikan dibanding dengan kondisi sebelumnya. Terlihat dibeberapa bab dibentuk dan ditambah akomodasi baru. Sedangkan untuk konsep masih berupa taman, dengan tata ruang yang lebih terbuka. Mari kita telusuri, akomodasi apa saja yang sanggup kita nikmati sat berkunjung ke alun-alun kota Malang.
alun Kota Malang sekarang mempunyai wajah gres Wajah Baru Alun-alun Kota Malang
Kiri; Bagian Depan Lama, Kanan; Bagian Depan Baru
Air Mancur Menari Warna Warni
alun Kota Malang sekarang mempunyai wajah gres Wajah Baru Alun-alun Kota Malang

 

alun Kota Malang sekarang mempunyai wajah gres Wajah Baru Alun-alun Kota Malang
Air mancur menari di tengah alun-alun kota Malang menjadi daya tarik utama. Menurut informasi, perangkat air mancur  didatangkan eksklusif dari Singapura. Pantas saja, dikala air mancur ini dioperasikan, menampilkan atraksi yang mempesona, seolah air mancur ini sedang menari. Jika malam hari, air mancur  semakin menarik dengan permainan cahaya warna-warni, layaknya air mancur yang biasa kita lihat di luar negeri. 

baca juga ; travel juanda malang

Landasan Skate Board
alun Kota Malang sekarang mempunyai wajah gres Wajah Baru Alun-alun Kota Malang

Bagi penghobi skate board menerima akomodasi istimewa, alasannya yakni mereka disediakan area landasan khusus untuk bermain skateboard. Lokasinya ada di bab utara alun-alun kota Malang. Biasanya rame dimanfaatkan mulai sore sampai malam hari dan menjadi tontonan menarik bagi pengunjung alun-alun.

alun Kota Malang sekarang mempunyai wajah gres Wajah Baru Alun-alun Kota Malang
Kanan; Shaf Shalat Masjid Agung, Kiri; Playground
Shaf Shalat Terbuka Masjid Agung Kota Malang
Di sisi barat alun-alun kota Malang terdapat garis-garis membentang panjang terbuat dari cor semen. Alurnya sejajar dengan Masjid Agung Kota Malang yang ada di seberang jalan alun-alun. Rupanya garis-garis tersebut disediakan khusus untuk shaf shalat dalam keadaan darurat, menyerupai shalat Idul fitri kemarin yang jamaahnya membludak sampai ke luar masjid.  Nah bahi jamaah yang di luar masjid, khususnya di alun-alun tidak perlu resah lagi mengatur shaf, tinggal menempati garis-garis tersebut.
Play Ground atau Taman Bermain Anak-anak
Taman bermain bawah umur di tempatkan di sisi selatan alun-alun, tepatnya didepan kantor pos Kota malang. Taman bermain ini merupakan akomodasi baru, yang disediakan khusus bagi anak-anak. Beragam alat permainan sanggup dinikmati anak-anak, diantaranya ada ayun-ayunan, perosotan, mini outbond dan lain-lain.

Butuh travel malang surabaya? Nahwa memiliki layanan travel malang surabaya.

Track bersepeda

Bagi penggemar bersepeda, disekeliling alun-alun disediakan jalur khusus untuk bersepeda. Kaprikornus tidak perlu khawatir lagi bersaing dengan kendaraan bermotor.
alun Kota Malang sekarang mempunyai wajah gres Wajah Baru Alun-alun Kota Malang
Taman Alun-alun Kota Malang dengan fasilitasnya
Fasilitas lainnya diantaranya terdapat ruang menyusui bagi ibu dengan bayinya, taman bacaan, kursi-kursi taman dibeberapa titik, gazebo yang sanggup dimanfaatkan untuk bercengkrama bersama keluaga dan teman, jajaran ornamen lampu dengan desain menarik, jalur khusus bagi penyandang difabel, akomodasi mck dan lainnya.
Di daerah alun-alun kota Malang, dikala ini juga sudah bebas dari PKL, pengemis dan asap rokok, jadi pengunjung sanggup menikmati keindahan alun dengan nyaman. 

Sumber: Alun-alun Kota Malang, Jawa Timur

 oke guys mungkin sampai sini dulu yah  review tempat wisata yang ada di malang, see you next time guys jangan lupa berlibur, babaaayyy. 

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.