Perayaan Cap Go Meh Klenteng Eng An Kiong

Candi Badut, Kota Malang
August 6, 2018
Candi kidal malang
9 Candi di Malang – Sejarah dan Mitosnya Terlengkap
August 7, 2018
Show all

Perayaan Cap Go Meh Klenteng Eng An Kiong

Perayaan Cap Go Meh di Klenteng Eng An Kiong Perayaan Cap Go Meh Klenteng Eng An Kiong
Perayaan Cap Go Meh di Klenteng Eng An Kiong, Kota Malang diselenggarakan pada hari Sabtu, 11/2/2017. Cap Go Meh merupakan puncak penutupan perayaan tahun gres Imlek yang biasa rutin dilakukan setiap tahun pada hari ke 15. Banyak program yang dihelat untuk memeriahkan Cap Go Meh di Klenteng Eng An Kiong. Saya sendiri berkesempatan hadir di Klenteng, bersama rombongan jaringan lintas agama dalam rangka Safari Damai, yang kebetulan waktunya bertepatan dengan Cap Go Meh. Lantas apa saja yang dapat kita jumpai dalam perayaan Cap Go Meh di Klenteng Eng An Kiong? Berikut beberapa diantaranya.


Butuh sewa mobil malang? Nahwa memiliki layanan sewa mobil malang.

Untuk lebih lanjut silahkan klik tautan ” sewa mobil malang “.


 

Perayaan Cap Go Meh di Klenteng Eng An Kiong Perayaan Cap Go Meh Klenteng Eng An Kiong
Lontong Cap Go Meh
Lontong Cap Go Meh menjadi makanan khas yang disediakan pada perayaan Cap Go Meh, menjadi  tradisi warga Tionghoa yang rutin dilakukan setiap tahun. Secara kultur seolah-olah dengan tradisi kupatan atau Bodo Kupat yang dilakukan pada hari ke 7 sesudah hari raya Idul Fitri di daerah saya. Menurut Bunshu Anton selaku sesepuh di Klenteng Eng An Kiong, lontong Cap Go Meh sendiri merupakan tradisi hasil akulturasi budaya Tionghoa dengan kearifan lokal, sehingga dapat diterima secara tenang dan jauh dari diskriminasi kesukuan.  Dalam perayaan Cap Go Meh kali ini, pihak Klenteng menyediakan sekitar 4.000 porsi lontong Cap Go Meh, yang dapat dinikmati oleh siapa saja dan dari umat manapun yang berkenan hadir di Klenteng. Lontong Cap Go Meh terdiri dari lontong, ayam, telur, koya dan sayur rebung. Paduan hidangan khas dengan rasa istimewa dan menggugah selera. Terlebih dinikmati bersama ribuan umat yang mempunyai latar belakang agama berbeda, dengan penuh sukacita dan damai.
Perayaan Cap Go Meh di Klenteng Eng An Kiong Perayaan Cap Go Meh Klenteng Eng An Kiong
Wayang Potehi
Wayang Potehi menjadi salah satu hiburan khas Tionghoa yang dapat kita saksikan disini. Saya sendiri gres pertama kali dapat menonton eksklusif pertunjukkan wayang Potehi. Wayang Potehi merupakan pertunjukan wayang serupa wayang golek yang di gerakan oleh dalang diatas sebuah panggung khusus. Menampilkan bermacam-macam kisah khas wayang potehi, tentunya dengan bahasa lokal yang dapat kita cerna jalan ceritanya.
Perayaan Cap Go Meh di Klenteng Eng An Kiong Perayaan Cap Go Meh Klenteng Eng An Kiong
Barongsai
Atraksi Barongsai merupakan pertunjukan yang paling dinanti. Penampilannya yang atraktif membius penonton untuk tetap menyaksikan pertunjukan sampai selesai.


Butuh travel malang surabaya? Nahwa memiliki layanan travel malang surabaya.

Untuk lebih lanjut silahkan klik tautan ” travel malang surabaya “.


Perayaan Cap Go Meh di Klenteng Eng An Kiong Perayaan Cap Go Meh Klenteng Eng An Kiong
Safari Damai Cap Go Meh
Kegiatan ini merupakan kunjungan dari komunitas lintas agama yang saya ikuti. Berjumlah sekitar 30 orang yang berasal dari latar belakang agama beragam. Dalam kesempatan ini kami diterima oleh Bunshu Anton selaku sesepuh Klenteng Eng An Kiong. Diadakan pertemuan dengan penyampaian sambutan-sambutan dari perwakilan banyak sekali agama, mendialogkan kerukunan umat dan terpeliharanya perdamaian tanpa pengkotakan RAS.
Ikut serta silaturahim dalam perayaan Cap Go Meh di Klenteng Eng An kiong, saya melihat bagaimana kebersamaan umat beragama, berkegiatan bersama dalam bingkai keberagaman dan kerukunan.
Untuk liputan Safari Damai Cap Go Meh dapat disimak disini, sedangkan viedonya dapat simak di akun Instagram .
Gong Xi Fa Cai

Comments are closed.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.