Keindahan Coban Jahe Dapat Dilihat Di Kota Malang

Keindahan Coban Jahe
Keindahan Coban Jahe

Keindahan Coban Jahe malang lokasinya tidak terlalu jauh dari Pasar Tumpang, apabila mau liburan kesini titik awalnya Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari arah Malang. Di wisata ini anda bisa menikmati keindahan air terjun yang penuh dengan tumbuhan hijau lebat yang tumbuh disekitar memenuhi tebing bebatuan. Suasana indah alam ini membuat damai siapapun yang datang berkunjung sambil bersantai dan menikmati saat relaksasi tubuh anda. Anda bisa mengunjungi Coban Jahe dengan memanfaatkan paket wisata Travel Juanda Malang yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan Wisata.

Coban Jahe Malang

Coban Jahe merupakan salah satu air terjun di kaki Gunung Bromo dan memiliki banyak cerita yang menarik. Seperti, asal usul nama Coban yang cukup unik yaitu Jahe, padahal di sekitarnya tidak ada tanaman jahe. Nama Jahe diambil dari kata Pejah yang dalam bahasa Jawa berarti kematian. Kata tersebut kemudian diberi akhiran Pejahe atau mati yang berkaitan dengan sejarah perjuangan para pahlawan masa kemerdekaan jaman dulu. Menurut cerita dan dokumen sejarah yang beredar, sekitar pada tahun 1947 sampai 1948 ada 38 pejuang yang bersembunyi di sekitar kawasan air terjun. Namun, Belanda mengetahui hal ini, sehingga para pejuang tersebut tewas di tempat.

Baca juga : Sejarah Candi Badut

Air terjun ini juga menjadi tempat gugurnya para pahlawan pada saat berperang dengan Belanda pada saat agresi militer pertama. Pahlawan tersebut kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kali Jahe kurang lebih 500 meter sebelum Coban Jahe. Ketinggian Coban Jahe sekitar 45 meter dengan luas sekitar 1 hektar. Kawasan ini masih tersembunyi di balik hutan, sehingga suasananya sangat asri dan sejuk. Suasana Coban Jahe yang sejuk dan damai sangat cocok bagi anda yang ingin melepas stres dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Tidak jauh dari tempat wisata ini anda bisa menemukan Coban lainnya yang tidak kalah indah seperti Coban Tarzan dan Coban Tangkil.

Keindahan Coban Jahe
Keindahan Coban Jahe

Aktivitas Menarik Di Coban Jahe

Menikmati Lingkungan Alam

Panorama alam yang ditawarkan Coban Jahe sangat indah dan sejuk. Tebing di air terjun ini ada berbagai jenis tanaman hijau yang subur. Bentuk tebing berbatu lurus dengan warna agak kekuningan berpadu indah dengan alam di sekitar dan air terjun. Batu-batu sungai yang ada di dasar sungai juga berukuran besar dan terlihat indah pada saat terkena air mengalir. Di sekitar air terjun anda bisa melihat berbagai tanaman hias yang di sengaja ditanam oleh para pengelola untuk memperindah suasana wisata. Tanamannya seperti pakis, bambu kuning, dan bunga lainnya yang tumbuh subur dan tertata rapi dengan baik. Pohon mahoni yang tumbuh di sepanjang jalan juga memberikan keteduhan dan kesejukan pada saat anda berjalan menuju Coban Jahe. Sehingga memadukan kesejukan alam dengan kesejukan air Coban Jahe yang menjadi destinasi wisata Malang cocok untuk bersantai.

Bermain Air Coban Jahe

Bermain air menjadi aktivitas wajib yang tidak boleh dilewatkan pada saat berlibur ke destinasi wisata ini. Kolam yang terbentuk di bawah air terjun ini seolah-olah mengajak anda untuk menyelam dan merasakan kesejukan air Coban Jahe. Namun cukup berbahaya jika bermain air terlalu dekat dengan aliran air terjun karena derasnya aliran air. Anda bisa mencoba wahana river tube yang disediakan oleh pengelola. Anda menyusuri sungai yang sejuk dengan menggunakan ban sambil duduk menikmati alam. Petualangan melewati berbagai jeram kecil di sungai ini bisa menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan. Jika tidak ingin terlalu basah, anda bisa merendam kaki di air yang sangat menyegarkan. Lelah anda setelah berjalan cukup jauh dari tempat parkir bisa langsung sembuh.

Baca juga : Pesona Keindahan Coban Putri

Berkemah Di Taman Indian

Suasana alam yang masih asri juga sangat nyaman untuk kegiatan camping bersama teman atau keluarga. Sebagian kawasan hutan mahoni di sekitar Coban Jahe telah disiapkan sebagai bumi perkemahan bagi wisatawan yang ingin berkemah. Area camping ini juga dekat dengan Coban Jahe 2 yang memiliki panorama tidak kalah indahnya dengan Coban Jahe utama. Meski tidak tinggi tempat wisata ini, 1 taman dan bunga di sekitarnya Coban Jahe 2 mempunyai daya tarik yang menarik tersendiri. Sambil camping anda bisa juga bersantai di area Indian Park sambil menikmati rindangnya hutan mahoni. Di tempat ini anda akan menemukan tenda unik khas suku India yang mengelilingi area taman.

Makan Di Central River Cafe

Anda juga bisa bersantai sambil menikmati makanan di Cafe Indian yang tidak kalah uniknya dengan tempat lainnya. Sensasi bersantap sambil duduk di tengah aliran sungai yang menyegarkan akan sangat seru. Semua ornamen yang digunakan di kafe ini terbuat dari kayu dan bergaya tradisional sehingga sangat menyatu dengan alam. Berbagai menu lezat bisa anda nikmati mulai dari makanan khas Malang sampai makanan instan. Selain kafe ini, Anda juga dapat dengan mudah menemukan warung makan lainnya di sepanjang jalan menuju Coban Jahe. Dengan ini anda tidak perlu khawatir dan kesulitan membawa bekal sendiri dari rumah.

Berfoto Di Tempat Menarik

Disini banyak sekali spot menarik yang bisa anda pilih sebagai wallpaper dan tempat untuk berfoto. Salah satu spot yang menarik berada di bebatuan depan air terjun. Dari tempat ini anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang keindahan Coban Jahe dengan derasnya air dan tanaman hijau di sekitarnya. Pengelola juga menyediakan tempat menarik untuk berfoto seperti Indian Park, Bamboo Bridge dan Indian Cafe. Ada juga perahu karet dan ayunan yang bisa anda gunakan untuk berfoto dan bergaya dengan bebas pada saat liburan.

Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan Coban Jahe, Anda hanya perlu membayar beberapa ribu rupiah saja. Berikut daftar harga tarif tersebut:

Tiket Masuk Coban Jahe Rp.5.000

Jalur Pendek River Tubing Rp.75.000

Jalur Panjang River Tubing Rp.150.000

Parkir Motor Rp.2.000

Parkir Mobil Rp.5.000

Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Namun, Anda bisa menggunakan daftar ini sebagai perkiraan biaya pada saat berkunjung ke Coban Jahe. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya di Malang dengan paket wisata Travel Juanda Malang Murah dari Biro Perjalanan Wisata. Paket ini akan mengurus semua kebutuhan akomodasi anda selama liburan, mulai dari keberangkatan sampai pulang dengan oleh-oleh khas Malang.

Lokasi dan Rute Coban Jahe

Coban Jahe berada di Jl.Begawan, Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang. Berjarak hanya sekitar 10 km dari pasar tumpang atau sekitar 25 menit dengan menggunakan mobil. Anda dapat melalui jalan rute terbaik ke Coban Jahe dengan menggunakan bantuan Google Maps. Anda bisa juga memanfaatkan jasa sopir rental Malang atau biro perjalanan wisata yang siap mengantar anda langsung ke tempat tujuan.

Baca juga : Sejarah Museum Brawijaya

Jam Operasional Coban Jahe

Untuk berlibur ke Coban Jahe anda bisa datang buka mulai pukul 08:00 sampai 16:00 setiap hari. Sangat disarankan untuk datang pada pagi hari, karena udaranya masih sangat segar dan suasana Coban masih tenang. Perlu diingatkan untuk wisatawan datang pada saat musim kemarau agar menghindari hujan yang dapat membuat air meluap sehingga menjadi keruh. Dengan begitu anda bisa menikmati keindahan tempat wisata ini dengan lebih aman.

Related Post
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.