9 Candi di Malang – Sejarah dan Mitosnya Terlengkap

Perayaan Cap Go Meh Klenteng Eng An Kiong
August 7, 2018
Ini Dia 4 Tempat Makan Chinese Food yang Paling Enak di Malang
August 7, 2018
Show all

9 Candi di Malang – Sejarah dan Mitosnya Terlengkap

Candi kidal malang

foto : @indragusw

Candi di Malang – Kawasan Malang raya banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai pusat pendidikan dan pusat wisata. Namun banyak yang belum tahu kalau di Malang terdapat berbagai macam candi yang juga terdapat di Malang raya.

Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa dahulu Malang merupakan pusat pemerintahan kerajaan Singosari. Kerajaan Singosari sendiri merupakan kerajaan pecahan Kediri yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222 M. Kerajaan Singasari sendiri merupakan kerajaan Hindu dan ini juga mempengaruhi arsitektur candi pada saat itu.

Wisata Candi di Malang

Bagi anda yang menyukai kegiatan wisata sejarah, sangat cocok apabila memasukkan wisata candi di Malang sebagai list liburan anda berikutnya. Kami editor NahwaTravel memasukkan 9 candi di yang dapat anda kunjungi ketika di Malang, Jawa Timur :

1. Candi Singosari

Candi Singosari Malang

Foto : @izzatul_awwalia

Candi Singasari merupakan salah satu candi terkenal di Malang bahkan Jawa TImur, nama candi inipun juga sama dengan nama lokasi yakni Singosari. Candi ini merupakan candi perpaduan Hindu-Budha dan dibangun sekitar abad ke 12. Candi Singasari didedikasikan pembangunannya kepada raja terakhir Kerajaan Singasari, Kertanegara dimana beliau tewas dalam serangan yang dilakukan oleh tentara Gelang gelang pimpinan Jayakatwang. Di sekitar Candi terdapat berbagai arca Hindu namun anehnya candi dibangun dengan perbaduan Hindu-Budha. Ini merupakan 2 agama besar saat itu di Kerajaan Singasari.

Lokasi Candi Singosari sendiri sekitar 10km dari pusat kota Malang ke arah Surabaya. Tepatnya di desa Candirenggo, Kecamatan Singosari Kabupaten malang.

2. Candi Kidal

Candi kidal malang

foto : @indragusw

Berikutnya adalah candi Kidal, candi ini juga merupakan candi peninggalan kerajaan Singosari, juga memiliki corak sama seperti Candi Singosari yakni bercorak Hindu-Budha dan juga dibangung pada abad ke 12.

Pembangunan candi Kidal merupakan sebuah penghormatan terhadap raja Anusapati dimana beliau memimpin Singosari selama 2 dekade sekitar 1227-1248 M. Raja Anusapati sendiri juga meninggal karena dibunuh oleh Panji Tohjaya karena menganggap dia lebih berjasa besar terhadap perkembangan kerajaan pada waktu itu.

Candi Kidal biasanya dikunjungi oleh wisatawan yang pulang dari Gunung Bromo dimana candi ini ada di desa Rejokidal Kecamatan Tumpang Kab Malang.

3. Candi Sumberawan

candi sumberawan malang

Foto @sumberawan_story/

Candi Sumberawan merupakan sebuah candi bercorak Budha, dimana candi ini hanya berupa sebuah stupa saja. Candi Sumberawan terletak di desa Toyomarto Kecamatan Singosari yang terletak di kaki Gunung Arjuna. Candi Sumberawan terletak kurang lebih 6km dari candi Singosari.

Candi ini baru ditemukan kembali pada tahun 1904 dan baru dilakukan pemugaran pada tahun 1934. Saat ini sudah tampak terlihat lebih bagus setelah pemugaran dan masuk dalam kawasan cagar alam kabupaten Malang.

4. Candi Bocok

candi bocok malang

foto yukpiknik

Candi Bocok merupakan salah satu candi yang mencuri perhatian kami, karena walaupun bangunan candi ini tidak terlalu istimewa, di Candi Bocok terdapat arca Siwa dan sangat detil bentuknya. Ini merupakan sebuah kelebihan.

Konon arca Siwa ini pernah dicuri oleh orang yang tidak bertanggun jawab, namun saat ini arca tersebut telah kembali dan disimpan oleh sang juru kunci bapak Muljianto.

Candi Bocok merupakan penginggalan kerajaan Majapahit saat kepemimpinan prabu Hayam Wuruk. Lokasi candi ada di dusun Bocok desa Pondokagung kecamatan Kasembon Kab Malang.

5. Candi Jago

Candi Jago ini lokasinya hampir berdekatan dengan candi Kidal dimana sama sama terletak di kecamatan Tumpang. Candi Jago ini juga merupakan peninggalan kerajaan Singosari yang dibangun sekitar abad ke 13.

Ada kejadian luar biasa yang terjadi pada candi ini yakni pernah tersambar petir sehingga membuat bangunan candi tidak utuh lagi. Candi jago ini cocok apabila anda berkunjung ke bromo karena lokasinya ada di tengah tengah kecamatan Tumpang yang merupakan salah satu meeting point saat ke Bromo.

6. Candi Jawar

View this post on Instagram

Enggak butuh caption, cuma butuh umak 😅 Hehehe 🎥 Vidio oket Sam @dendisaf . 🗿 Loc. Candi Jawar. Dan Coban Ciblungan Ampelgading Kab. Malang Perjalanan seng cukup memakan waktu ditambah rute seng cukup menantang nawak. Perjalananane skitar 2 jam smpek Ampelgading. Lek wes sampek ndek Deso Mulyosari rutene tambah menantang nawak henaM 😅. Tp sakmarie perjalanan panjang maeng umak bakal d sambut keindahan candi seng sek alami + pesona keindahan Mahameru seng osi umak nikmati. Sakliane iku umak bakal liwat ndek tengah2 pohon cemoro seng berjajar2 seng duwur ilakes menjulang nang langit hehe. Candi Jawar iki peninggalane masa Hindu-Buddha sam sg di temukno nuhat 1983 sg d temokno terpendam ndek jero tanah. Wong kene nyebute Candi Jawarombo sg masuk Ds. Mulyosari, kec. Ampelgading Kab. Ngalam. Candi iki ngadep nang puncak Mahameru gunung paleng gede ndek tanh Jowo, polae cedek ambeg gunung dadi suasana sejuk ambeg adem tipis tipis bakal umak temui hehe. #candiJawar #candijawarombo #candi #exploremalang #visitmalang #malangkipa #ngalamkipa #malang #ngalam #arekmalang #arema #aremania #aremanita #semeru #mahameru #majapahit #ampelgading #oyisam #yoikimalang

A post shared by YOIKI MALANG 🔵 (@yoiki_malang) on

Candi Jawar merupakan candi peninggalan Majapahit. Candinya terlihat unik cuman berbentuk gapura namun tepat menghadap ke Gunung Semeru. Candi Jawar terletak di desa Mulyoasri kecamatan Ampel Gading Kab Malang. Di daerah perbatasan dengan Lumajang yang merupakan sisi selatan timur dari Kabupaten Malang.

Keunikan lain dari candi Jawar adalah bangunannya yang cuman sendirian dan tidak memiliki komplek lengkap seperti kebanyakan candi, candi Jawar ini terletak pada ruang terbuka dan dipenuhi dengan rumput dan ilalang.

7. Candi Badut

View this post on Instagram

Siapa yang gak kenal Kota Malang..kota dengan julukan kota apel yang begitu memikat wisatawan.. Namun siapa yang tau Candi Ini..barangkali hanya sedikit..karna kalah dengan objek wisata lainnya Iya…ini adalah Candi Badut..yang menurut sejarah merupakan Candi peninggalan kerajaan Kanjuruhan dan sekaligus candi tertua di Jawa Timur, menurut prasasti Dinoyo (760 M) candi ini dibangun oleh Raja Gajayana untuk menghormati Resi Agastya yang dihormati kala itu, diperkirakan umur candi ini lebih dari 1400 tahun…Candi ini terletak di desa Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang..lokasinya berada di tengah perkampungan penduduk.. Oh ya tunggu saja postingan footage aerial video candinya ya…. . . . . #candi #candibadut #temple #malangheritage #peninggalansejarah #kerajaankanjuruhan #kotamalang #wisatamalang #instamalang #malangasik

A post shared by febry (@febry0205) on

Candi Badut merupakan candi Hindu peninggalan dari Prabu Gajayanan dari Kerajaan Kanjuruhan, sebuah kerajaan yang lebih tua dari kerajaan Singosari.  Diperkirakan candi Badut ini didirikan sekitar tahun 760 M. Lokasi candi berada di barat kota Malang tepatnya di Kecamatan DAU kab Malang.

Candi Badut berada dalam sebuah komplek yang tertata rapi dan ditemukan pertama kali pada tahun 1921 oleh seorang pekerja Belanda.

8. Candi Telih

 

Candir Telih merupakan sebuah candi yang terletak di sekitar Dusun Donogragal, Desa Donowarih Karangploso. Bangunan candi Telih tidak terlalu istimewa sehingga tidak terlalu banyak warga yang mengunjungi. Hanya memiliki tinggi sekitar 2 m dan sangat terpencil, jarak dari desa terdekat sekitar 4 km.

Bangunan candi Telih menghadap ke Candi Arjuno besar kemungkinan dulunya candi ini merupakan tempat untuk bersemedi bagi para sesepuh zaman dahulu.

9. Candi Songgoriti

candi songgoriti

foto @fifie_cimod

Agak naik ke atas, apabila anda pernah mendengar sebuah nama daerah di Batu dengan nama Songgoriti. Ternyata di Songgoriti ada sebuah Candi. Masyarakat memberikan nama Candi Songgoriti walaupun aslinya namanya adalah candi Supo.

Candi yang merupakan peninggalan Mpu Sindok raja pertama Kerajaan Medang. Candi ini pertama kali ditemukan oleh seorang arkeolog Belanda bernama Van I Isseldijk pada tahun 1799. Lokasinya pun sangat mudah ditemukan karena bertempat di kompleks Pemandian Air Panas Songgoriti, tidak jauh dari Taman Rekreasi Tirta Nirwana.

Itulah ke 9 candi yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber yang ada, bagi anda yang membutuhkan informasi mengenai transportasi seperti travel malang ke juanda anda dapat menghubungi nahwa Travel.

Kami telah berpengalaman sejak tahun 2013 dan mengantarkan ribuan penumpang tiap bulan

9 Candi di Malang – Sejarah dan Mitosnya Terlengkap
5 (100%) 1 vote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BOOKING TRAVEL SEKARANG - 082230333144