Candi Ahli Malang, Jawa Timur

Air Terjun Coban Grojogan Sewu Pujon Malang
August 20, 2018
Wajah Gres Alun-Alun Kota Malang
August 22, 2018
Show all

Candi Ahli Malang, Jawa Timur

Lokasi Candi Jago berada di desa Tumpang Candi Jago Malang, Jawa Timur
Lokasi Candi Jago berada di desa Tumpang, kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Jika ditempuh dari Kota Malang jaraknya sekitar 22 km ke arah timur. Tepatnya berada di sebelah utara Pasar Tumpang, hanya sekitar 200 meter saja jaraknya.
Akses angkutan umum menuju Candi Jago sangat mudah. Jika dari terminal Arjosari Kota Malang, hanya sekali naik angkutan kota TA (Warna Putih). Turun di pasar Tumpang, selanjutnya jalan kaki sudah dekat. Sedangkan kendaraan pribadi sanggup mengakses eksklusif ke lokasi.


Butuh rental mobil malang? Nahwa memiliki layanan rental mobil malang.

Untuk lebih lanjut silahkan klik tautan ” rental mobil malang “.


Menilik sedikit sejarah Candi Jago, sanggup di temukan dalam Kitab Negarakertagama. Dalam kitab ini ada disebutkan mengenai situs dengan nama Jajagu, yang diperkirakan mengacu pada Candi Jago ini. Candi Jajagu merupakan pendharmaan raja Wisnuwardhana dari Kerajaan Singosari yang meninggal pada tahun 1268 M.    
Lokasi Candi Jago berada di desa Tumpang Candi Jago Malang, Jawa Timur
Candi Jago Tampak dari Atas
Lokasi Candi Jago berada di desa Tumpang Candi Jago Malang, Jawa Timur
Candi Jago Tampak dari Depan
Candi ahli sendiri mempunyai bentuk empat persegi panjang, dengan posisi menghadap kearah barat. Bangunannya didirikan diatas batur berteras tiga semakin kecil keatas, sehingga masing-masing teras terdapat selasar untuk mengelilingi candi. Teras ketiga agak bergeser kebelakang merupakan teras tersuci. Susunan bangunannya yang berteras-teras dan bertitik sakral di belakang mengingatkan pada bangunan punden berundak zaman Megalitikum sebagai daerah pemujaan awah leluhur.
Lokasi Candi Jago berada di desa Tumpang Candi Jago Malang, Jawa Timur
Relief Candi Jago Malang
Sesuai agama Wisnuwardhana yaitu Siwa Budha, dicandi ahli dipahatkan relief dongeng Siwaistis dan Budhistis. Relief Budhistis yang dipahatkan ialah relief dongeng tantri/Pancatantra dan Kunjarakarna. Sedangkan relief hinuistis yaitu relief dongeng Partayajna dan Arjunawiwaha serta relief wacana Krisna.


Butuh travel surabaya malang? Nahwa memiliki layanan travel surabaya malang.

Untuk lebih lanjut silahkan klik tautan ” travel surabaya malang “.


Relief dongeng Tantri dipahatkan pada bingkai atas teras pertama berisi cerita-cerita binatang, dilanjutkan relief kunjarakarna bersambung ke bingkai bawah teras kedua, menceritakan perjalan Kunjarakarna murid Budha Wairocana ke neraka daerah penyikasaan sahabatnya Purnawijaya. Setelah kembali kedunia mengajak Purwawijaya berguru agama Budha sehingga dosa-dosanya diampuni.
Dengan mengunjungi situs Candi Jago di Tumpang Malang ini, kita sanggup melihat eksklusif perjalanan sejarah kerajaan di masa lampau. Dan menjadi motivasi bagi kita untuk berperan menjaga kelestarian situs-situs bersejarah ini, sebagai warisan nenek moyang yang tak ternilai harganya.
Sumber:

Dari Lokasi Candi Jago, Tumpang Malang

Candi Ahli Malang, Jawa Timur
Rate this post

Comments are closed.

BOOKING TRAVEL SEKARANG - 082230333144